Dec 05

Menanam Tomat Mudah Dengan Polybag

Tanaman tomat merupakan salah satu jenis sayur. Namun struktur tomat yang mirip buah juga membuat tanaman ini banyak dikatakan sebagai tanaman buah. Tanaman tomat mudah tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman ini juga mudah ditanam di rumah atau di sawah dengan menggunakan polybag. Menanam tomat di rumah juga sangat menguntungkan. Tanaman ini tidak membutuhkan lahan sehingga cocok untuk rumah-rumah yang tidak memiliki lahan yang luas. Selain itu tanaman ini juga sangat dibutuhkan sebagai pelengkap bumbu dapur. Menanam tomat di rumah bisa menghemat pengeluaran agar tidak membeli lagi tomat di pasar. Jika ditanam di sawah juga bagus karena tanaman ini pasti banyak dicari. Namun sebelum menanam tanaman tomat sebaiknya mengetahui jenis-jenis tomat karena di pasaran setidaknya ada 4 jenis tomat, diantaranya:

  1. Tomat buah
  2. Tomat gondol
  3. Tomat sayur
  4. Tomat cherry

Tomat yang paling sering digunakan untuk memasak adalah tomat sayur. Sementara untuk tomat gondol biasanya digunakan untuk bahan utama pembuatan saus, tomat buah dan tomat cherry cenderung dikonsumsi langsung.

Cara Menanam Tomat Hidroponik

Cara Menanam Tomat

Menanam jenis tomat apapun caranya sama. Setiap tomat bisa ditanam dengan langkah-langkah yang sama. Hanya saja sebelum menanam tomat pilihlah jenis tomat yang ingin di tanam. Selanjutnya ikuti cara di bawah ini.

  1. Menyemai tomat

Sebelum di tanam maka sebaiknya tomat disemai terlebih dahulu. Menyemai tomat bisa dilakukan dengan menggunakan polybag. Caranya yakni dengan mengisi polybag dengan tanah kemudian masukkan biji tomat dan tutup lagi dengan tanah. Taruh polybag di tempat yang terhindar dari matahari dan air hujan. Siram biji yang disemai sebanyak 2 kali sehari. Selanjutnya saat berumur 2 minggu diberikan pupuk. Setelah biji tomat mempunyai 5 helai daun atau selama 1 bulan baru bisa dipindahkan.

  1. Menanam sayur tomat

Setelah menyemai selesai maka bakal tanaman tomat dipindahkan ke media tanam. Jika menggunakan polybag maka harus diisi dengan tanah, kemudian arang sekam, dan terakhir kompos yang mana perbandingannya 2:1:1. Selanjutnya pindahkan bibit semai lengkap dengan tanahnya ke polybag yang besar.

  1. Memelihara tomat

Setelah ditanam maka tanaman tomat perlu dirawat. Pertama yakni dengan menyiram tanaman tomat sebanyak 2 kali sehari. Usahakan agar tidak terlalu basah. Tujuannya agar akar tanaman tomat tidak membusuk. Selanjutnya lakukan pengendalian hama dengan menyianginya secara teratur. Jika ada tanaman yang mati segera dibuang agar tidak menular ke tanaman yang lain. Setelah seminggu ditanam beri pupuk satu gengggam. Penambahan pupuk bisa dilakukan sebulan sekali.

  1. Dipanen

Setelah proses merawat tomat berhasil maka terlihat muncul tomat-tomat segar kemerahan yang siap dipetik. Tomat bisa dipanen jika usianya sudah menginjak 3 bulan. Ciri tomat yang sudah matang adalah daunnya yang mongering. Namun sayangnya tomat tidak bisa serentak matang. Maka diperlukan panen yang berjangka.

Manfaat Menanam Tomat

Menanam tomat di rumah tidak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur. Selain itu juga memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah. Meski halaman bukanlah tanah masih bisa ditumbuhi dengan tanaman yang bermanfaat. Caranya yakni dengan memanfaatkan polybag sebagai media tanam. Menanam tanaman tomat juga bisa memberikan kegiatan positif di waktu luang. Jika tomat sudah matang bisa diambil untuk di konsumsi sendiri. Jika ingin menanam tanaman tomat dengan baik bisa mencoba menjadi member NASA untuk tahu bercocok tanam yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.